Get Free Music at www.divine-music.info
Get Free Music at www.divine-music.info

Free Music at divine-music.info

Senin, 12 Maret 2012

Dongeng Rapunzel

RAPUNZEL


Rapunzel adalah sebuah dongeng dari Jerman, koleksi the Brothers Grimm dan pertama kali diterbitkan di tahun 1812 sebagai bagian dari Children’s and Gousehold Tales. Rapunzel merupakan salah satu dari dongeng2 paling terkenal dan ceritanya sudah digunakan dan diparodikan oleh banyak kartunis dan komedian. sekarang banyak banget versi nya rapunzel salah satu filmya Barbie yang judulnya Barbie as Rapunzel, yang ceritanya adalah Barbie yang jadi Rapunzel. Tapi untuk lebih jelasnya, nih aku tulis cerita Rapunzel dan Barbie as Rapunzel.



Rapunzel . ( original )



Kisah Rapunzel ini sendiri bermula dari sepasang suami-istri tanpa anak yang tinggal di sebelah taman yang ditutupi oleh tembok yang dimiliki oleh seorang penyihir. Setelah penantian yang lama, akhirnya si istri hamil. Si istri ini ngeliat bunga rapunzel yang tumbuh di taman si penyihir itu dan pengeeeeen setengah mati banget memiliki bunga itu. Si suami jelaslah menuruti keinginan istrinya yang lagi ngidam itu, makannya dia menyelinap ke dalam taman itu waktu malem dan metikin bunga rapunzel untuk istrinya. Malam pertama, dia selamat. Malam kedua, dia juga selamat. Tapi pada mala ketiga, waktu dia baru mau keluar dari taman itu setelah ngambil bunga rapunzel untuk istrinya, si penyihir (Dame Gothel) tiba-tiba muncul dan menuduh si suami mencuri dari rumahnya. Si suami memohon belas kasihan dari penyihir itu, si penyihir setuju untuk mengampuni si suami dengan satu syarat. Syaratnya yaitu anak yang ada dalam kandungan istrinya harus diserahkan kepasa si penyihir begitu anak itu lahir. Karena udah putus asa, si suami setuju. Ternyata si istri melahirkan bayi perempuan yang langsung diembat sama si penyihir. Penyihir itu menamai si bayi dengan nama Rapunzel.
Waktu Rapunzel berusia 12 tahun, si penyihir mengurungnya dalam sebuah menara di tengah hutan, tanpa tangga, tanpa pintu, hanya ada satu kamar dan satu jendela di menara itu. Kalau si penyihir lagi pengen mengunjungi Rapunzel, diabakal berdiri di bawah menara itu dan memanggil Rapunzel gini : “Rapunzel, Rapunzel, let down your hair, so that I may climb the golden stair.” Artinya : Rapunzel, Rapunzel, julurkan rambutmu ke bawah agar aku bisa naik lewat tangga emas itu. Kalo udah ngedenger kalimat itu, Rapunzel bakal melilitkan rambut pirangnya yang panjang ke sebuah pengait yang ada di sebelah jendela dan menjatuhkan rambut panjangnya ke bawah, biasanya si penyihir bakal manjat ke atas pake rambut Rapunzel.
Suatu hari seorang pangeran yang lagi jalan2 sama kudanya lewat daerah situ mendengar suara Rapunzel yang lagi nyanyi di atas menara. Karena tertarik oleh suara merdunya, si pangeran nyari cewe yang lagi nyanyi ini dan nemuin menara Rapunzel, sayangnya ga ada pintu untuk masuk ke dalam dan ga ada tangga untuk naik ke atas. Pangeran malah jadi sering balik ke tempat itu untuk ngedengerin nyanyian Rapunzel yang indah, dan suatu saat malah ngeliat sipenyihir yang lagi mengunjungi Rapunzel. Dia jadi tau gimana cara masuk ke menara itu. Waktu si penyihir udah pergi, si pangeran meminta Rapunzel menjulurkan rambutnya ke bawah dan si pangeran manjat ke atas, si pangeran dan Rapunzel awalnya berteman, tapi lama-lama mereka saling cinta. Lalu si pangeran ngelamar Rapunzel dan Rapunzel bersedia untuk nikah sama pangeran itu.


Mereka bersama-sama menyusun rencana untuk mengeluarkan Rapunzel dari menara itu. Pangeran bakal dateng tiap malem (untuk mengindari si penyihir yang selalu dateng tiap siang) dan ngebawain kain sutra yang bakal dibuat tangga oleh Rapunzel. Sayangnya, sebelum rencana itu berjalan, si Rapunzel dengan bodoh menghancurkan semuanya. Rapunzel dengan lugu tanya ke si penyihir kenapa gaunnya jadi semakin ketat di bagian perut. Hal ini bikin si penyihir tau akan kehamilan Rapunzel. Dengan marah, Dame Gothel memotong rambut panjang Rapunzel yang dikepang dan membuang Rapunzel ke alam liar.Waktu si pangeran memanggil Rapunzel malam itu, si penyihir menjulurkan rambut Rapunzel biar si pangeran bisa naik. Ternyata oh ternyata, si pangeran malah nemuin si penyihir di kamar itu sedangkan Rapunzel sama sekali ga ada di sana. Saat si penyihir dengan marah bilang ke pangeran bahwa dia ga bakal bisa ketemu lagi sama Rapunzel, si pangeran terjun dari menara itu dengan hati yang hancur berkepi-keping (oh sangat tragis….) dan malah buta gara-gara matanya tertusuk duri yang ada di semak2 di mana dia jatuh. (Asli, ni pangeran bego banget, niatnya jatuh bunuh diri apa kaga sih? Kalo iya, yah jangan cari semak2lah).


Berbulan-bulan lamanya si pangeran berjalan ga tentu arah. Dalam rentang waktu ini, Rapunzel melahirkan bayi kembarnya si pangeran, satu cowo, satu cewe. Suatu hari waktu Rapunzel lagi nimba air, dia nyanyi. Si pangeran ngedenger nyanyiannya dan mereka berkumpul lagi. Saat itulah, Rapunzel kan nangis abis2an di pelukan si pangeran, eh, si pangeran malah jadi bisa ngeliat lagi karena air mata Rapunzel menyembuhkan penglihatan si pangeran. Akhirnya si pangeran ngeboyong Rapunzel dan anak-anak mereka ke istana di mana mereka hidup bahagia selamanya.



Barbie as Rapunzel !



Barbie as Rapunzel dimulai ketika Barbie sedang menceritakan kisah Rapunzel kepada Kelly, adiknya, yang merasa kurang percaya diri akan kemampuan melukisnya.
Rapunzel di cerita ini hidup sebagai pembantu penyihir Gothel, yang tinggal di dalam kastil yang terpencil di tengah hutan. Rapunzel tumbuh dengan kepercayaan bahwa Gothel menyelamatkannya sewaktu dia dibuang pada masa bayinya. Rapunzel berteman dekat dengan Penelope, seekor naga, dan Hobbie, seekor kelinci yang selalu khawatir. Rapunzel selalu menghabiskan waktu luangnya dengan melukis teman-temannya ini. Suatu siang saat Rapunzel lagi nyiapin kue untuk Gothel, Rapunzel dan teman-teman hewannya menemukan sebuah tangga rahasia menuju sebuah ruangan tua di bawah kastil itu. Di sana mereka menemukan sebuah hadiah dari orang tua Rapunzel yaitu sebuah sikat rambut perak dengan kartu bertuliskan begini : “Constant as the stars above, always know that you are loved. To Rapunzel on her first birthday. Love always, mother and father.” (Pokoke intine, Rapunzel disayang ma ortunya.) Kalimat itu membuat Rapunzel bertanya-tanya tentang masa lalunya. Tapi lamunan Rapunzel terbuyarkan oleh seruan Gothel yang meminta teh.


Setelah menghidangkan makanan Gothel, Rapunzel dan kawan2 balik lagi ke ruangan yang tadi dan mereka menemukan rahasia lain yaitu sebuah lorong yang menuju ke desa terdekat. Rapunzel mengikuti jalan itu ke sebuah kerajaan kecil dan berhasil menyelamatkan seorang putri bernama Katrina yang nyaris jatuh ke dalam sebuah lubang. Karena kebaikan Rapunzel, Katrina memperkenalkan Rapunzel kepada kakaknya, yaitu Pangeran Stefan. Pangeran Stefan menjelaskan pada Rapunzel bahwa perangkap yang nyaris menjerat Katrina dipasang oleh Raja Wilhelm, penguasan kerajaan lawan. Karena terpesona oleh gadis misterius itu, Stefan ingin menemuinya lagi. Rapunzel setuju, walaupun pertemuan mereka selalu berakhir dengan Rapunzel terburu-buru kembali ke dalam hutan agar tidak ketahuan oleh Gothel. Tapi tanpa sepengetahuan Rapunzel, peliharaan Gothel, Otto, menyaksikan semuanya.


Gothel menghukum Rapunzel atas kelakuannya dengan mengubah kamar tidurnya menjadi menara yang tinggi dan menempatkan Hugo, ayah Penelope, di luar menara itu. Gothel tidak akan melepaskan Rapunzel sampai Rapunzel menyebutkan nama laki2 yang ditemuinya. Rapunzel ditinggalkan sendiri bersama Hobie dan Penelope, yang menghiburnya dengan cat air baru yang telah diambil oleh Gothel. Sikat rambut yang ditemukan Rapunzel, yang ternyata adalah kuas yang memiliki kekuatan ajaib dan apapun yang dilukis oleh Rapunzel bisa menjadi nyata. Rapunzel melukis jalan keluar dari menara dengan menciptakan jalan rahasia menuju taman istana dan terus bertemu dengan Stefan.


Sekali lagi, Gothel mengetahui hal ini dan menghancurkan kuas ajaib Rapunzel beserta lukisan yang dibuatnya. Karena Rapunzel ga mau mengatakan yang sebenarnya, Gothel memantrai menara itu, untuk mengurung orang yang berbohong selamanya. Gothel yang marah segera pergi ke istana Raja Frederick dan Stefan untuk menghancurkan mereka. Di menara, Rapunzel berhasil melarikan diri dibantu oleh Penelope dan segera berusaha menyelamatkan Stefan.
Wihelm yang berharap menyelesaikan perselisihan dengan perang berhadapan dengan Frederick. Ternyata asal mula perselisihan itu adalah karena Wilhelm percaya bahwa Frederick telah menculik putrinya, yang udah hilang sejak masih bayi. Frederick menjawab bahwa dia tidak merencanakan melakukan hal itu dan sama sekali ga tau putri Wilhelm sekarang ada di mana. Gothel datang tepat pada saat mereka hampir bertarung dan Wilhelm mengenalinya. Tenyata Gothel dulu cinta sama Wilhelm dan patah hati waktu tau Wilhelm cuma nganggep dia temen

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar